SELAMAT DATANG DI DESA CIJEUNGJING. Mohon maaf, jika ada ketidak sesuaian ,Website resmi Desa Cijeungjing masih dalam pengembangan.

Artikel

PROSESI PEMAKAMAN KORBAN COVID-19 OLEH SATGAS COVID 19 DESA CIJEUNGJING

03 Juli 2021 10:33:19  Administrator  197 Kali Dibaca  Berita Lokal

https://m.youtube.com/watch?v=Eu57VJV1mPg

DESA CIJEUNGJING DAN DESA CIHARALANG KERJASAMA DALAM PENANGANAN WABAH CORONA

Cijeungjing 03 Juli 2021 

 

Diinformasikan pada hari kamis 01 Juli 2021 bahwa salah satu keluarga  warga di Desa Cijeungjing mengabarkan Anggota keluarganya yang sudah menetap di Tangerang telah meninggal Dunia dengan status meninggal karena covid 19.

Pihak keluarga menginginkan penguburan jenazah dilaksanakan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing. 

Gugun G. Grantika selaku Kasi Kesejahteraan Desa Cijeungjing langsung mengecek ke lokasi makam Keluarga untuk memastikan keamanan dan situasi masyarakat dilingkungan tersebut, apakah masyarakat mengijinkan adanya pemakaman dengan kondisi meninggal terpapar Covid 19.

Begitu juga dengan Kepala Desa Cijeungjing, ADANG langsung berkomunikasi dengan Kepala Desa Ciharalang ASEP MUHLIS,  Kepala PKM Handapherang serta dengan Bhabinkamtibmas Brigadir SONA IRMANSYAH.

Setelah memperoleh kesepakatan akhirnya proses pemakaman bisa dilaksanakan di Dusun Ciragama Desa Ciharalang, ADANG selaku kades Cijeungjing langsung mengintruksikan kepada Sekdes Cijeungjing Risris Risdianto dan Lukman  Kaur Keuangan Desa untuk menyiapkan tim pengubur Jenazah dengan mempersiapkan pakaian APD lengkap serta kebutuhan lainnya berikut menyiapkan Tim untuk berkumpul di posko Gugus Covid Desa Cijeungjing setelah Isya, karena jenazah diprediksi akan tiba sekitar pukul 20.00 WIB.

Tim pengubur Jenazah terdiri dari 8 orang dipimpin langsung oleh Adang Kepala Desa Cijeungjing, Elon Dahlan (amil desa), Sopyan Anwar (Ketua Karang Taruna Bina Muda Desa Cijeungjing), Gugun G.Grantika (Kasi kesejahteraan), Iping Koswara (Ketua RT), Ai Ijan (anggota Karang Taruna), Gareng Herwanto (Linmas), Yana Rusyana (relawan Gugus Covid ),  mengadakan doa bersama. 

Kepala Puskesmas juga memberikan arahan yang sangat rinci  terkait peraturan dan Tara cara pelaksanaan serta mendoakan semoga tim diberikan kesehatan setelah proses penguburan dilaksanan, berikut juga beliau memotivasi tim untuk tenang dan terap semangat dalam melaksanakan tugas penguburan ini. Selanjutnya ADANG menambahkan bahwa meskipun hal ini merupakan pertama kali dilaksanakan oleh tim Gugus tugas penangan Covid-19 Desa Cijeungjing akan tetapi bisa dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran langsung oleh semua khususnya Tim pengubur Jenazah, serta berharap mudah-mudahan kejadian ini selain yang pertama dan juga yang terakhir dilaksananan, proses penguburan seperti ini seraya berharap wabah Covid 19 segera berakhir.

Sementara itu, Risris dan Gugun yang juga merupakan anggota RAPI terus berkomunikasi dengan rekan - rekan RAPI yang mengawal perjalanan Jenazah. Alhamduliah dengan adanya RAPI ini memudahkan berkomunikasi sehingga kita tidak kehilangan informasi perkembangan dijalan ujar Risris ketika menginformasikan jenazah sudah sampai di Cihaurbeuti yang dibenarkan oleh Gugun.

Proses penguburan Jenazah berlangsung sekitar 1 jam berjalan dengan baik dan  tanpa ada kendala apapun . 

Kepala Desa Cijeungjing ADANG mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Ciharalang, masyarakat Ciharalang, Tim PKM Handapherang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta seluruh Tim atas kerjasama dan dukungan sepenuhnya sehingga proses bisa berjalan dengan baik, beliau juga mengingatkan kepada semua untuk mensterilkan tubuh dengan membersihkan kembali badan masing-masing (Disinfeksi) , ketika kembali ke rumah kita semua harus dalam keadaan yang sudah bersih.  Allah swt yang lebih jelas akan membalas kebaikan semuanya, pungkas kades dalam pembicaraannya. Yang dibenarkan oleh Ketua Karang Taruna "Jangan pernah berfikir bahwa kami tidak punya rasa takut, yang Kami lakukan hanyalah berusaha melakukan yang kami bisa untuk memanusiakan manusia, yakinlah Bahwa CORONA itu ada, meski tidak kelihatan nyata, tapi kita harus selalu tetap waspada , perhatikan dan selalu menjaga Protokol Kesehatan " ujar Sopyan selaku ketua karang Taruna Desa disela-sela perjalanan pulang menuju tempat pembersihan dan sterilisasi tim Pengubur Jenazah.

 

 

Tim Artikel

Guns & SparroW

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Ciamis-Banjar nomor 358
Desa : Cijeungjing
Kecamatan : Cijeungjing
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46271
Telepon :
Email : cijeungjingdesa74@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:43
    Total Pengunjung:11.249
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.227.97.219
    Browser:Tidak ditemukan